Wisata Goa Pindul jadi percontohan negara Asean

Posted on

Goa Pindul indonesiaPengelolaan wisata Goa Pindul melalui pemberdayaan masyarakat menjadi percontohan bagi negara ASEAN. Hari kamis kemarin, para perwakilan negara ASEAN, yakni Brunei Darusalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Laos mengunjungi Desa Wisata Bejiharjo, yang memiliki objek wisata goa pindul.

Perwakilan menteri menteri se-ASEAN di jadwalkan hadir di wisata goa pindul, namun ternyata hanya dua menteri yang bisa datang, yakni Union Minister Myanmar Thet Naing Win dan Minister Chairman of Laos NCRDPE Bounheuang Douangphachanh.

Setiba di wisata Goa Pindul, rombongan langsung disambut kesenian tradisional Jathilan yang dimainkan oleh para siswa SD. Rombongan langsung mencoba bercave tubing ke Goa Pindul, namun tidak melalui pintu utama. Mereka masuk melalui pintu keluar goa dengan perahu karet.

Perwakilan negara tersebut belajar tentang pengelolaan wisata melalui pemberdayaan masyarakat. Tentu pengalaman di desa wisata Bejiharjo bisa mereka terapkan di negara masing-masing.

Selain itu , yang bisa diambil dari forum mentri kesejahteraan rakyat se-Asean di Yogyakarta ialah semakin memacu peran masyarakat dalam mengelola pariwisata. Pemberdayaan wisata goa pindul oleh masyarakat berhasil mengurangi pengangguran. Sebelumnya banyak pengangguran di sekitar Goa Pindul. Namun setelah dibuka, masyarakat semakin sejahtera.