Selamat Datang di Pusat Informasi dan Reservasi Tiket Wisata Goa Pindul Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.     Untuk Informasi dan Reservasi Ticket Silahkan Hubungi no Kontak Kami yang Tertera di Website ini atau Email: marketing@goapindul.net    Kontak Center Kami Buka Setiap Hari Mulai Jam 6 pagi- 9 Malam.
Home » Tips » Berbagai Jenis Goa untuk Caving

Berbagai Jenis Goa untuk Caving

by : Amanda . Posted in : Tips, Wisata Goa Pindul

caving goa pindulBila Anda ingin untuk menekuni dunia penelusuran goa atau bahasa kerennya caving :D, ada baiknya Anda mengenal berbagai jenis goa terlebih dahulu. Hal hal yang mendasar seperti ini bisa menjadi gambaran tentang goa yang akan di kunjungi.
Selain sebagai pengenalan tentang tempat berwisata Anda, mungkin, juga bisa jadi petunjuk untuk mempersiapkan tambahan peralatan yang bersifat khusus saat melakukan penelusuran di jenis goa tertentu. Woke di bawah ini akan saya jelaskan berbagai jenis goa.
Berdasarkan kondisi bebatuan pembentuknya, goa dibagi dalam beberapa kategori yaitu :
1. Goa Karst
Goa Karst adalah goa yang terbentuk pada kawasan yang telah mengalami Karstifikasi atau pelarutan. Sekitar 70 % goa yang ada didunia terbentuk pada Kawasan Karst. Goa jenis karst ini yang biasanya menjadi objek tujuan utama penggemar caving. Bahkan di antaranya sudah di jadikan sebagai goa wisata untuk khalayak umum. Goa ini selalu menyajikan keindahan stalagtit dan stalagmit yang luar biasa cantiknya. Kabupaten Gunungkidul banyak terdapat goa jenis ini, salah satu goa karst yang menyajikan keindahan stalaktit dan stalakmit di dalamnya adalah goa pindul. Lokasi Goa Pindul di Gelaran, Desa Bejiharjo, Karangmojo Gunungkidul.
2. Goa Lava (vulcanic Cave) :
Goa lava terbentuk akibat pergeseran permukaan tanah akibat gejala keaktifan Vulkanologi atau akibat aktifitas Gunung Api. Goa ini biasa terdapat pada daerah gunung berapi yang masih aktif.
3. Gua Litoral :
Gua litoral adalah goa yang terbentuk pada daerah pantai, adapun terjadinya goa litoral akibat adanya proses erosi dan pengikisan dari air laut terhadap batuan di pantai yaitu pada tebing yang curam, akibat adanya gaya mekanis air laut maka lama kelamaan batuan tersebut akan membentuk celah maka terjadilah Goa jenis ini. Goa Litoral banyak terdapat di pantai selatan gunungkidul, goa ini biasanya sering di gunakan para spiritualis untuk bersemedi. 😀
Selain 3 jenis goa di atas, ada pula goa yang sangat jarang sekali kita temukan di indonesia, seperti Goa Es dan goa pasir yang jumlahnya hanya sekitar 5 % dari jumlah goa yang ada diseluruh dunia. Mungkin goa seperti ini adanya di antartika yach…:D

Comments

comments

Pusat Informasi dan Reservasi Tiket Wisata Goa Pindul
Basecamp : Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta
Phone:081 390 771 931 (Simpati)
0812 9069 1472 (Simpati)
087 883 426196 (XL)
WhatsApp:081 327 537 917 /
081 390 771 931
PIN BBM: 5EA00D77.

Copyright © 2012