Selamat Datang di Pusat Informasi dan Reservasi Tiket Wisata Goa Pindul Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.     Untuk Informasi dan Reservasi Ticket Silahkan Hubungi no Kontak Kami yang Tertera di Website ini atau Email: marketing@goapindul.net    Kontak Center Kami Buka Setiap Hari Mulai Jam 6 pagi- 9 Malam.
Home » Goa Pindul News » Misteri Goa Pindul

Misteri Goa Pindul

by : Amanda . Posted in : Goa Pindul News

misteri goa pindulObyek wisata Goa Pindul tidak hanya terkenal dengan wisata Cave Tubingnya, tapi juga misteri yang ada di dalamnya. Meskipun misteri Goa Pindul sebenarnya masih berupa mitos, tapi tetap saja menarik untuk didengarkan.
Ada beberapa versi misteri Goa Pindul yang saat ini tersebar dikalangan masyarakat. Misteri tersebut menyebutkan tentang sejarah Goa Pindul. Biasanya, pemandu akan mengisahkan hal tersebut kepada pengunjung pada saat melakukan kegiatan Cave Tubing.
Versi pertama dari misteri goa pindul menyebutkan tentang sejarah Goa Pindul berawal dari perjalanan dua orang utusan Panembahan Senopati dari Kerajaan Mataram. Kedua utusan tersebut masing-masing bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan. Keduanya ditugaskan mencari seorang bayi.
Ketika bayi tersebut telah ditemukan, keduanya lalu membawa sang bayi ke arah timur menuju wilayah Gunung Kidul yang terletak di daerah Karangmojo. Suatu hari, karena sang bayi terus menangis, keduanya lantas berniat untuk memandikannya.
Ketika itu tidak ada air yang bisa digunakan untuk memandikan bayi tersebut. Oleh karena itu, Ki Juru Mertani memutuskan untuk naik ke bukit lalu menginjakkan kakinya ke tanah bukit tersebut, yang mengakibatkan tanah tersebut runtuh dan membentuk sebuah lubang yang terdapat aliran air di dalamnya.
Sang bayi lalu dimandikan di dalam lubang tersebut. Pada saat dimandikan itulah pipi sang bayi terbentur (kebendhul) pada sebuah batu yang terdapat di situ. Dari peristiwa benturan itulah asal muasal nama Goa Pindul, yang berasal dari bahasa jawanya kebendhul (pipi yang terbentur).
Versi lain dari misteri Goa Pindul berasal dari perjalanan dan petualangan Joko Singlulung dalam rangka mencari ayahnya. Perjalan tak kenal lelah tersebut dilakukannya dengan menyusuri daerah sungai-sungai, goa-goa, dan hutan-hutan.
Suatu ketika, Joko Singlulung sedang menyusuri tujuh goa yang terdapat aliran sungai di dalamnya. Ketika dia sedang berada di sebuah goa dari tujuh gua tersebut, kepala Joko membentur sebuah batu yang terdapat di dalamnya. Dari sinilah awal penamaan Goa Pindul untuk goa tempat terbenturnya Joko Singlulung tersebut. Nama tersebut berasal dari bahasa Jawa ‘kebendhul’ yang artinya‘pipi yang terbentur’.
Versi terakhir dari misteri Goa Pindul berkaitan dengan kisah seseorang yang dikenal dengan nama Kyai jaluwesi. Suatu hari Kyai Jaluwesi terlibat adu kesaktian dan kekuatan dengan musuhnya yang bernama Bendhogrowong. Kyai jaluwesi keluar sebagai pemenang dalam adu kesaktian tersebut.
Sayangnya, dalam adu kesaktian tersebut, anak anjing peliharaan kesayangan Kyai Jaluwesi terluka parah akibat terkena pukulan sakti Bendhogrowong. Anak anjing tersebut berlari ke sana ke mari dalam keadaan kesakitan hingga terjerembab pada sebuah sumber mata air yang tertutupi oleh semak-semak.
Kyai Jaluwesi lalu mengejar anak anjing tersebut dan menemukannya berada di dalam mata air tersebut dalam keadaan sudah sembuh dari luka yang menimpany. Kejadian tersebut mengejutkan Kyai Jaluwesi. Dari sinilah awal penamaan mata air tersebut dengan nama mbelik panguripan karena mampu menyembuhkan seekor anjing yang terluka parah.
Demikianlah 3 versi misteri Goa Pindul yang hingga kini mewarnai kisah seputar Goa Pindul tersebut. Hanya saja misteri tersebut masih berupa mitos, karena hingga kini belum ada satupun bukti akurat yang menunjukkan keabsahan kisah-kisah tersebut.
Adapun keberadaan Goa Pindul sebagai salah satu lokasi wisata di daerah Gunungkidul, berawal dari kerjasama sekelompok mahasiswa dengan warga lokal yang melakukan pembersihan besar-besar di area Goa Pindul. Dengan sedikit perbaikan dan modifikasi, sekelompok warga bisa menjadikannya sebagai lokasi wisata yang menarik. Namun, pada tahun 2010 barulah pemerintah mengesahkannya sebagai obyek wisata dan menamainya dengan Goa Pindul.

Comments

comments

Pusat Informasi dan Reservasi Tiket Wisata Goa Pindul
Basecamp : Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta
Phone:081 390 771 931 (Simpati)
0812 9069 1472 (Simpati)
087 883 426196 (XL)
WhatsApp:081 327 537 917 /
081 390 771 931
PIN BBM: 5EA00D77.

Copyright © 2012